468x60 Ads

Pandangan Hidup


Pandangan Hidup Menurut Islam
umat Islam dalam memahami ajaran Islam tak pernah surut. Segala potensi dan metodologis digunakan untuk memberi jalan kemudahan mengenal Islam dari berbagai sudut dimensi. Singkatnya, banyak jalan bagaimana memahami Islam secara utuh dan komprehensif. Islam adalah denyut nadi yang mensejarah sepanjang peradaban manusia. Sampai kapan pun, Islam tak akan pernah kering dari perhatian orang. Studi-studi agama menempatkan Islam sebagai kajian menarik yang dilakukan setiap orang. Lebih dari itu, kini Islam di Barat menjadi perhatian orang-orang yang tengah kehilangan pegangan hidup yang pasti. Tidak sedikit, orang Barat tertarik mempelajari Islam, bahkan memeluknya sebagai pegangan hidup.

Intensitas pengkajian terhadap Islam sungguh di luar dugaan. Tidak saja di pesantren-pesantren, sebagai basis mendalami ajaran Islam, melainkan di perguruan tinggi ramai mempelajari Islam. Meski ajaran Islam terkesan doktriner dan final, tetapi justru membuat banyak orang tertarik melakukan pengkajian terhadapnya. Cara pandang seseorang pun bisa berbeda, orang awam berbeda dengan kaum cendikiawan, orang kaya berbeda dengan orang miskin, politikus berbeda dengan ekonom, dan begitu seterusnya.
Memang, dari dulu ajaran Islam tetap sama. Namun setiap kepala orang dapat berbeda dalam mengartikulasikan Islam. Hal ini karena Islam mengandung nilai universalitas yang cukup memberi peluang setiap pemeluknya untuk berbeda. Meski berbeda memahami Islam, semangat untuk menghayati dan mengamalkan Islam justru semakin dinamis. Hal ini bisa terlihat dari semangat banyaknya organisasi Islam yang tak pernah sepi dari upaya kreatif memahami Islam.
Salah satu tugas dakwah dan pendidikan Islam yang paling berat adalah “mengislamkan orang-orang Islam”. Tantangan ini semakin gamblang ketika penelitian Martin Van Bruinessen menyebutkan bahwa orang Islam yang masuk ke nusantara ini cenderung bercorak kefiqhian. Realita sejarah seperti itu, disadari atau tidak, telah membentuk karakter Islam tersendiri. Sehingga oleh Nurcholis Madjid menyebutnya dengan Islam Indonesia, sebuah ciri khas Islam lokal. Ke depan, Islam harus tampil sebagai agama yang menjawab segala kebutuhan umat manusia, tidak saja masalah ritual keagamaan, tetapi masalah peradaban dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Keragaman budaya bangsa Indonesia diungkapkan dengan kalimat Bhinneka Tunggal Ika yang mengandung arti, meskipun bangsa Indonesia itu terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya dan bahasa, tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia itu satu sebagai bangsa. 


Secara konsepsional, keragaman budaya itu merupakan aset bangsa, oleh karena itu perbedaan tidak harus dipersoalkan, sepanjang perbedaan itu dalam kerangka persatuan. Pancasila sering disebut sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Artinya nilai-nilai dari sila-sila Pancasila memang digali dari khazanah kebudayaan bangsa. Dari itu maka setiap pandangan hidup warga bangsa dijamin eksistensinya. Setiap warga negara dijamin oleh Undang-Undang untuk menjalankan agamanya sesuai dengan keyakinan dan kepercayaannya. Dalam perjalanan bangsa, pandangan Komunismepun pernah diakomodir dalam poros Nasakom. Hanya karena kesalahan PKI yang menggunakan kekerasan dalam peristiwa G.30.S lah yang menyebabkan faham komunis terlarang secara konstitusional di Indonesia.

Data sejarah bangsa menunjukkan bahwa aspirasi Islam sebagai way of life tak pernah berhenti terlibat dalam pergumulan ideologis, termasuk dalam proses perumusan UUD 45, dan kesemuanya berjalan sangat wajar karena mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam. Oleh karena itu tak bisa dipungkiri bahwa di dalam Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa sebenarnya terkandung butir-butir pandangan hidup Islam.

 Cita-cita 
Pengertian cita - cita adalah suatu keinginan yang ingi dicapai sejak menggeluti suatu bidang yang disukai dan ingin dia kembangkan dan melaksanakan semua yang telah tergambarkan dalam pikiran seseorang, contohnya saat masih kecil dia ingin sekali menjadi seorang Programer dan dia membanyangkan saat jadi programer dia akan membuat program yang diinginkan atau membuat game yang banyak disukain oleh orang lain .

Kebajikan
 Pengertian Kebajikan adalah sifat atau kepribadian orang yang didasari dari lingkungan sekitar dan ada beberapa faktor yang dapat menentukan kepribadian seseorang yaitu :
  • Factor  ekologis
  • Factor rancangan dan arsitektural
  • Factor temporal
  • Suasana perilaku
  • Tekhnologi
  • Factor-faktor social
  • Lingkungan psikososial
Perjuangan

Pengertian Perjuanagan adalah sebuah usaha yg dilakukan penuh dengan kesukaran dan bahaya yang mengelilinginya, contohnya saat seseorang yang menwakili negaranya untuk mengikuti lomba Robot cerdas yang di ikuti oleh para ahli dari seluruh dunia dan dia tetap berjuang untuk memberikan yang terbaik untuk bangsanya dengan keahliannya membuat sebuah robot, meskipun tidak mendapatkan apa yang di inginkan dia tetap berjuang untuk mengharumkan bangsanya .

0 komentar:

Posting Komentar